TY - RPRT Y1 - 2016/// N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa S1 yang mengambil program studi kependidikan. Penyelenggaraan PPL ini guna menyiapkan tenaga pendidik yang cakap dalam kompetensi baik pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang luas, mandiri, terampil, dan menjadi penerus bangsa untuk masa yang akan datang. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2016 adalah SMK Negeri 1 Pundong, yang beralamat di Menang, Srihardono, Pundong Bantul, Yogyakarta 55771. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan guna mengampu mata pelajaran Praktik Las MIG/MAG dan Mekanika Teknik dan Elemen Mesin (MTEM). Praktik mengajar dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016, dengan menerapkan Kurikulum KTSP dan 2013 dan jumlah total 4 jam per minggu untuk tiap kelasnya. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Selain itu, banyak tugas selain mengajar yang harus dilaksanakan oleh seorang guru. Penulis menghimbau SMK N 1 Pundong untuk menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya terhadap mahasiswa PPL sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik yang berkompeten. A1 - Dwi Hari Purnomo, Dwi Hari Purnomo PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta AV - public KW - PPL KW - Las MIG/MAG KW - MTEM KW - SMK Negeri 1 Pundong TI - LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PUNDONG ID - UNY47752 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/47752/ ER -