@techreport{UNY47737, title = {LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NGOTO KABUPATEN BANTUL}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Amrin Suryani Amrin Suryani}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, type = {Project Report}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pada bidang yang ditekuninya. Program PPL dilaksanakan pada semester khusus 2016. Sebagai wujud nyata pelaksanaan Program PPL, UNY bekerja sama dengan SD Ngoto yang ditunjuk sebagai salah satu instansi bagi mahasiswa untuk melaksanakan PPL. Program PPL bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu yang selama ini didapat di kampus sekaligus sebagai sarana mahasiswa agar lebih siap terjun ke lapangan setelah lulus nantinya. Kegiatan PPL dimulai pada hari Senin, 18 Juli 2016 sampai dengan hari Kamis, 15 September 2016. Program PPL terdiri dari program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Program mengajar diwujudkan dalam 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali mengajar sebagai ujian. Adapun praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa praktikan yaitu kelas III B untuk kelas rendah, sedangkan praktik mengajar untuk kelas tinggi dilaksanakan di kelas IV A, IV B, dan VI A dengan memperhatikan keseimbangan antara mata pelajaran eksakta dan non eksakta. Program non mengajar merupakan program kerja yang bersifat menunjang pelaksanaan PPL. Mahasiswa praktikan telah menempuh jam kerja selama 289,95 jam sehingga telah memenuhi jam kerja minimal yaitu 240 jam. Program PPL di SD Ngoto secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa permasalahan dan kendala saat dilapangan, semuanya dapat diselesaikan dengan baik berkat sinergi antara mahasiswa PPL, dosen pembimbing lapangan (DPL), kepala sekolah, guru pamong, guru kelas, dan siswa SD Ngoto.}, keywords = {PPL, Program PPL, dan SD Ngoto, mengajar, non mengajar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47737/} }