%L UNY47734 %X PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL. Selalin itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi Rencara Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pelajaran, media dan alat pembelajaran. RPP sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa bisa mengampu satu kelas, namun ada juga yang mengampu lebih dari satu kelas tergantung situasi sekolag tempat PPL. Penulis sendiri mengampu satu kelas pokok yaitu kelas XI IPA 2 yang mengajar setiap hari kasi jam ke-1 dan ke-2. Namun, penulis juga mengampu kelas XI IPS 3 pada hari jum’at tanggal 5 Agustus jam ke-1 dan ke-2. Selanjutnya, penulis juga pernah mengampu kelas XII IPA 3 selama 2 kali pertemuan untuk pengambilan nilai ketrampilan berbicara. Selain itu, mahasiswa juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa %A TYAS TRI DAMAYANTI TYAS TRI DAMAYANTI %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %J LAPORAN PPL %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN