@techreport{UNY47673, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL}, author = {Ahmad Yasin Ziya?uddin Ahmad Yasin Ziya?uddin}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, year = {2016}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa diharuskan mempersiapkan diri dengan baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan kegiatan pra-PPL. Adapun kegiatan pra-PPL yaitu Pembelajaran Mikro, Pembekalan PPL, Observasi Pembelajaran Kelas, Observasi Kondisi Sekolah, dan Persiapan Mengajar. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, tepatnya di jalan Parangtritis KM.12, Manding, Trirenggo, Bantul. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 dengan kegiatan praktik mengajar maupun non-mengajar. Kegiatan praktik mengajar yaitu Pembuatan RPP, Pembuatan Media Pembelajaran, Pelaksanaan Mengajar, Evaluasi, Bimbingan dengan GPL ataupun DPL, dan Pembuatan Lembar Kerja Siswa. Kegiatan nonmengajar yaitu Upacara Kemerdekaan, Pendampingan Fortasi, Pengisian Data Dapodik, Pendampingan Ekstrakulikuler dan Penyusunan Laporan. Pada pelaksanaan kegiatan mengajar, kelas yang diampu adalah X TAV 1 dan X TAV 2 dengan mata pelajaran Teknik Listrik. Jumlah jam untuk mata pelajaran Teknik Listrik adalah 8 jam pelajaran. Praktik mengajar dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari teeam teaching, praktik mengajar terbimbing, hingga praktek mengajar mandiri. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Pengetahuan mengenai dunia pendidikan khususnya pembelajaran di sekolah bertambah setelah dilaksanakan kegiatan PPL. Keterampilan mengajar, mengatasi permasalahan di kelas menjadi penting pada saat pelaksanaan PPL. Pelaksanaan PPL mampu menghasilkan keluaran calon pendidik yang professional.}, keywords = {Praktik Pengalaman Lapangan, SMK Muhammadiyah 1 Bantul}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47673/} }