TY - THES A1 - Hani, Nurhasanah TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN BINA DIRI TOILET TRAINING ANAK AUTIS METODE LATIHAN (DRILL) DI PUSAT LAYANAN AUTIS YOGYAKARTA PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public Y1 - 2016/12/25/ ID - UNY47659 UR - http://eprints.uny.ac.id/47659/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil anak autis melalui metode latihan (drill) di Sekolah Pusat Layanan Autis Yogyakarta. Peningkatan dari metode latihan (drill) dapat dilihat dari perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II, jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart yang mempunyai empat tahap dalam setiap siklus. Subjek penelitian merupakan satu siswa autistik usia 6 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan teskemampuan buang air kecil. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi dan instrumen tes kemampuan buang air kecil. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan bina diri buang air kecil pada anak autis yang ditunjukkan dengan perubahan peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan perbaikan dan pembelajaran berulang-ulang. Peningkatan kemampuan bina diri buang air kecil anak autis dapat dilihat dari presentase pencapaian yang diperoleh pada kemampuan pra-tindakan (pre-test), post-test siklus I, dan post-test siklus I. Subjek pada kemampuan pra-tindakan (pre-test) presentase pencapaian 45%, meningkat menjadi 50% pada post-test siklus I, meningkat lagi menjadi 65% pada post-test siklus II dalam kategori baik. M1 - skripsi ER -