@phdthesis{UNY47633, month = {February}, title = {Perbedaan Efektifitas Metode Inkuiri dipadu Model Pair Checks dengan Metode Ceramah untuk peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Ekonomi di SMA N 2 Ngaglik.}, author = {Subekti Triyana Atmaja}, school = {UNY}, year = {2017}, keywords = {Model Pembelajaran Inkuiri dipadu model Pair Checks, Hasil Belajar, Motivasi Belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47633/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan efektifitas metode Inkuiri dipadu model Pair Checks dengan metode Ceramah untuk peningkatan (1) hasil belajar (2) motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 4 sebagai kelas control dengan menggunakan metode inkuiri dipadu model Pair Checks, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui Pre test dan Post test, serta dari pengisian angket motivasi. Data penelitian ini dianalisa dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Metode Inkuiri dipadu model Pair Checks tidak lebih efektif dibanding metode Ceramah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dengan topik Koperasi Indonesia . Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan ANOVA yang menyatakan bahwa nilai sig. pada variabel hasil belajar sebesar 0,374. Nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikansi yang digunakan sebesar 0,05. (2) Metode Inkuiri dipadu model Pair Checks tidak lebih efektif dibanding metode Ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi dengan topik Koperasi Indonesia, dibuktikan dengan hasil perhitungan ANOVA yang menyatakan bahwa nilai signifikansi pada variabel Motivasi belajar sebesar 0,265 pada taraf signifikansi sebesar dari 0,05.} }