%0 Thesis %9 S2 %A Dewi, Ayu Sandra %B Program Pasca Sarjana %D 2017 %F UNY:47629 %I UNY %K Sertifikasi Profesi, Penguasaan Materi, Metode Mengajar, Hasil Belajar Siswa. %T Pengaruh Sertifikasi Profesi, Penguasaan Materi, Dan Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Gunungkidul. %U http://eprints.uny.ac.id/47629/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi profesi, penguasaan materi ajar, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Gunungkidul. Metode penelitian adalah ex-post facto. Populasi penelitain adalah siswa kelas XII SMK Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 1125 siswa. Sampel yang ditentukan sebanyak 287 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil analisis data menemukan bahwa hasil belajar siswa dalam kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menunjukkan bahwa sertifikasi profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai Fhitung sebesar 5,796 (sig 0,017) dan thitung sebesar 2,408 (sig 0,017). Begitupula penguasaan materi ajar guru Fhitung sebesar 7,807 (sig 0,006) dan thitung sebesar 2,794 (sig 0,006) serta metode mengajar guru Fhitung sebesar 5,886 (sig 0,016) dan thitung sebesar 2,426 (sig 0,016) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji F menemukan bahwa sertifikasi profesi, penguasaan materi, dan metode mengajar guru secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai F sebesar 3,524 (sig 0,015). R2 sebesar 0,36 menunjukkan bahwa variabel sertifikasi profesi, penguasaan materi, dan metode mengajar guru secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 3,6% terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Kabupaten Gunungkidul.