%I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY47583 %J LAPORAN PPL %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Semester Khusus tahun 2016 telah dilaksanakan di SMA Negeri Mlati selama 1 bulan sejak tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. PPL sebagai usaha untuk meningkaatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa melakukan beberapa tahapan mulai dari pembelajaran mikro, pembekalan PPL, dan observasi sekolah terkait kondisi fisik dan kegiatan pembelajaran di SMA N 1 MLATI. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2016 dan 5-6 Maret 2016. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa menyusun program kerja yang dituangkan dalam matriks kegiatan PPL. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa melakukan konsultasi dan koordinasi dengan DPL PPL serta guru pamong untuk disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Praktik mengajar dilakukan di 2 dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 11 kali pertemuan dan XI IPA 2 sebanyak 10 kali pertemuan. Penarikan mahasiswa PPL dilakukan pada tanggal 15 September 2016. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) pembuatan RPP dan seperangkatnya; 2) Pembuatan kisi-kisi dan soal-soal ulangan harian dan remidial; 3) Pembuatan Silabus, Program Semester, dan Program Tahunan. %D 2016 %A Nur Khoiri Hidayati Nur Khoiri Hidayati %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K PPL, observasi, matriks kegiatan, program kerja