eprintid: 47526 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/75/26 datestamp: 2017-02-28 01:03:42 lastmod: 2019-10-01 11:37:36 status_changed: 2017-02-28 01:03:42 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Mijil Ari Setiawan, Mijil Ari Setiawan title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Praktik Mengajar Mata Pelajaran Produktif dengan Kompetensi Kejuruan “Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan” SMK NEGERI 1 SEDAYU ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, SMK Negeri 1 Sedayu. abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa yang dilaksanakan pada tahun 2016 tanggal 15 Juli hingga 15 September. Tujuan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai program pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun langsung di kelas menjadi seorang pendidik dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik. Sesuai dengan Visi PPL yaitu menjadi wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Dengan program ini mahasiswa disiapkan menjadi tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan profesional sesuai dengan misi PPL. Sebelum melakukan kegiatan PPL, mahasiswa praktikan harus menempuh serangkaian prosedur yang berlaku terlebih dahulu, yaitu: harus lulus mata kuliah wajib Micro Teaching (Pengajaran Mikro), observasi lapangan, observasi kelas, observasi lingkungan, serta mengikuti pembekalan yang diadakan jurusan masing-masing mahasiswa. Sedangkan tahap akhir dari kegiatan PPL merupakan penyusunan Laporan Kegiatan PPL mulai dari persiapan (observasi) sampai evaluasi. Secara umum, siswa-siswi SMK N 1 Sedayu memiliki semangat belajar yang cukup tinggi. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung di dalam kelas. Dalam hal ini praktikan memperoleh kesempatan mengajar di kelas XI TKR A, XI TKR B, dan XI TKR C. Pada kegiatan KBM mahasiswa mengampu mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, dalam melaksanakan KBM mahasiswa mendapatkan alokasi waktu 6 jam pelajaran untuk mengajar 1 kelas TKR. KBM berjalan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi siswa yang cenderung “aktif” (sulit di atur dan ramai sendiri). Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Mijil Ari Setiawan, Mijil Ari Setiawan (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Praktik Mengajar Mata Pelajaran Produktif dengan Kompetensi Kejuruan “Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan” SMK NEGERI 1 SEDAYU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/47526/1/13504241007_Mijil%20Ari%20Setiawan_Laporan%20PPL.pdf