TY - THES KW - kemampuan motorik kasar KW - anak tunagrahita KW - SLB Negeri Pembina Yogyakarta Y1 - 2017/// PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan TI - KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK SISWA SMP LUAR BIASA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 A1 - Ghanang Sigit, Putranto UR - http://eprints.uny.ac.id/47456/ N2 - Latihan dan pembelajaran bagi anak tunagrahita membutuhkan pendekatan dan metode yang tepat, sesuai dengan kebutuhan masing ? masing anak. Aktivitas fisik dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kemampuan motorik kasar anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ingkat kemampuan motorik kasar anaktunagrahita mampudidik siswa SMP Luar Biasa di SLB Negeri Pembina Yogyakrta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ni adalah seluruh siswa tunagrahita SMP Luar Biasa di SLB Negeri Pembina Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40anak. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sebagian dari total populasi yaitu 30 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan motorik kasar anak tunagrahita mampu didik siswa SMP Luar Biasa di SLB Negeri Pembina Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 2 siswa (6,67%) kurang, 2 siswa 6,67%) sedang, dan 26 siswa (86,67%) baik. ID - UNY47456 AV - public M1 - skripsi ER -