%0 Thesis %9 S1 %A Sari, Helvia %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:47436 %I PGSD %T PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESRETA DIDIK KELAS 5 SD KANISIUS PUGERAN MELALUI METODE KUNJUNG KARYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %U http://eprints.uny.ac.id/47436/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SD Kanisius Pugeran melalui metode kunjung karya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Tanggart. Langkahnya terdiri dari, perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Kanisius Pugeran sebanyak 19 siswa. Objek penelitian ini adalah tingkat motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kunjung karya dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Peningkatan didasarkan pada hasil siklus I yang menunjukkan bahwa siswa masih ada yang belum aktif dalam belajar kelompok . Pada siklus II, guru menyampaikan materi dan membagi kelompok secara heterogen setelah itu guru membagikan LKS untuk melakukan diskusi secara berkelompok. Kemudian guru meminta setiap kelompok mengirimkan wakil kelompoknya untuk mendapatkan penjelasan materi dari kelompok lain. Setelah itu, wakil kelompok kembali kelompok untuk menjelaskan materi yang diperoleh dari kelompok lain. Peningkatan proses dapat dilihat persentase aktivitas siswa dari siklus I memperoleh 60,9% dengan kategori tinggi, siklus II meningkat menjadi 70,7% kategori tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode kunjung karya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5. Kata kunci: motivasi belajar, metode kunjung karya, siswa kelas 5 SD