%A Haryati Kamaludin %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis dongeng melalui media pop up pada siswa kelas IVA SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Jageran yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis dongeng melalui media pop up. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif yaitu dengan mencari nilai rerata menulis dongeng siswa. Berdasarkan hasil analisis data melalui media pop up dapat: 1) meningkatkan proses pembelajaran, dan 2) meningkatkan keterampilan menulis dongeng pada siswa kelas IVA SD Negeri Jageran Sewon, Bantul, Yogyakarta. Peningkatan proses pembelajaran. Siswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran menulis dongeng. Perhatian siswa lebih meningkat, siswa sangat antusias dan bersemangat ketika diberikan tugas menulis dongeng. Siswa juga bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas menulis dongeng yang diberikan dan antar siswa saling berlomba-lomba membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Peningkatan keterampilan menulis dongeng pada siklus 1 sebesar 15,8, yang kondisi awalnya 66,8 meningkat menjadi 82,6 dan pada siklus 2 sebesar 24,83, yang kondisi awalnya 66,8 meningkat menjadi 91,63. Kata kunci: keterampilan menulis dongeng, media pop up, siswa SD. %L UNY47435 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG MELALUI MEDIA POP UP DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI JAGERAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA %D 2017 %I PGSD