@phdthesis{UNY47409, school = {PGSD}, year = {2017}, month = {February}, title = {PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IIIA SD NEGERI JAGERAN SEWON BANTUL YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MEDIA GAMBAR}, author = {Dedi Irmansyah Putra}, url = {http://eprints.uny.ac.id/47409/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul, Yogyakarta dalam pembelajara IPS melalui media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta melalui media gambar. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif yaitu dengan mecari rerata motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul, Yogyakarta dalam pembelajaran IPS. Peningkatan ini berupa peningkatan persentase skor motivasi yang diperoleh siswa yaitu pada siklus 1 dari 30 siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran,Sewon, Bantul, Yogyakarta terdapat 11 orang siswa yang skor motivasinya mencapai kriteria keberhasilan dengan persentase sebesar 36,66\%. Pada siklus 2, terjadi peningkatan terhadap skor motivasi yang diperoleh siswa. Dari 30 siswa kelas IIIA SD Negeri Jageran, Sewon,Bantul, Yogyakarta terdapat 23 orang siswa yang skor motivasinya mencapai kriteria keberhasilan dengan persentase sebesar 85,18\%. Kata kunci: motivasi belajar, media gambar, siswa SD.} }