eprintid: 47376 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/73/76 datestamp: 2017-02-23 00:49:22 lastmod: 2019-10-01 11:38:48 status_changed: 2017-02-23 00:49:22 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Pandji Saputra, Pandji Saputra title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN 2016 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik pengalaman lapangan (PPL), sejarah, SMA 1 Sleman, kelas X abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tahun 2016 dilaksanakan di SMA N 1 Sleman yang beralamat diJalan Magelang Km. 14 Medari, Caturharjo, Sleman, DIY. Program ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan minat peserta didik guna menunjang proses belajar mengajar, membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Mahasiswa mulai aktif penuh di sekolah sebagai tanda pelaksanaan PPL, terhitung dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPLdiawali dengan kegiatan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Pada kegiatan PPL di SMA N 1 Sleman ini, mahasiswa mengajar di dua kelas yaitu kelas X IIS 1 dan X IIS 2 untuk materi Manusia dan Sejarah, Berpikir Diakronik Sinkronik, dan Periodisasi Sejarah. Untuk masing-masing kelas, mahasiswa mendapat jam mengajar selama 3 jam pelajaran setiap pekannya. Selain praktik mengajar, mahasiswa juga belajar membuat beberapa perangkat pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman sebagai calon guru sejarah. Selama pelaksanaan program PPL ini dapat disimpulkan bahwa target penggunaan jam selama pelaksanaan PPL telah tercapai dalam yaitu sebanyak 280 jam pelajaran dan materi yang harus disampaikan telah mencapai target Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditentukan. Namun begitu dalam pelaksanaannya tentu saja ada beberapa hambatan-hambatan yang ditemui sepanjang melaksanakan kegiatan PPL. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi dan integritas dalam pelaksanaan pengajaran sehingga guru dan peserta didik dapat terjadi proses transfer pengetahuan yang optimal. Dengan demikian diharapkan tujuan dari program-program yang dilaksanakan mampu bermanfaat bagi sekolah, universitas, masyarakat, bangsa dan negara. date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Pandji Saputra, Pandji Saputra (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/1/006_01%20MATRIKS%20PROGRAM%20KERJA%20PPL.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/2/006_04%20LEMBAR%20OBSERVASI.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/3/006_06%20KALENDER%20AKADEMIK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/4/006_07_01%20MINGGU%20EFEKTIF.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/5/006_07_02%20PROGRAM%20TAHUNAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/6/006_07_03%20PROGRAM%20SEMESTER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/7/006_07_04%20SILABUS%20X%20SEJARAH%20PEMINATAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/8/006_07_06%20KKM%20SEJARAH%20PEMINATAN%20KELAS%20X%20SEM%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/9/006_07_07%20PROGRAM%20HARIAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/10/006_08%20DAFTAR%20HADIR%20SISWA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/11/006_09_01%20KISI-KISI%20DAN%20SOAL%20ULANGAN%20HARIAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/12/006_10_02%20HASIL%20ANALISIS%20SOAL%20ESSAY%20X%20IIS%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/13/006_10_03%20HASIL%20ANALISIS%20SOAL%20ESSAY%20X%20IIS%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/14/006_10_04%20HASIL%20REMIDIAL%20ULANGAN%20HARIAN%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/15/006_11%20DOKUMENTASI%20KEGIATAN%20PPL%202016.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/16/HASIL%20ANALISIS%20SOAL%20ESSAY%20X%20IIS%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/17/HASIL%20ANALISIS%20SOAL%20ESSAY%20X%20IIS%202.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/18/001%20COVER%20PPL%20%28PRINT%29.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/19/002%20HLM.%20PENGESAHAN%20PPL%20%28PRINT%29.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/20/003%20KATA%20PENGANTAR%20PPL%20%28BELUM%20FIX%29.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/21/004%20ABSTRAK%20PPL%20100%25.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/22/005%20PPL.%20BAB%20I%20%281%20-%2013%29.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/23/006%20PPL.%20BAB%20II%20%2814%20-%2019%29.docx document_url: http://eprints.uny.ac.id/47376/24/007%20PPL.%20BAB%20III%20%2820%20-%2022%29.docx