%I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %D 2016 %J Laporan PPL %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KAB. BANTUL %L UNY47359 %K PPL UNY 2016, SKB Bantul, Program, PLS %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik ini digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Praktik ini juga bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran lainnya sehingga mahasiswa calon pendidik dapat memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan PPL dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Kabupaten Bantul yang beralamat di Jalan Imogiri Barat Km.07, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan mengajar yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun materi, membuat media pembelajaran, bahan untuk evaluasi dan sebagainya. Laporan ini berisi tentang Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016. Adapaun program yang telah dilaksanakan adalah mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Program Kesetaraan Paket B, mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Program Kesetaraan Paket C, mengajar Mata Pelajaran Matematika di Program Kesetaraan Paket C, mengajar Pelatihan Membuat Bross di Kursus Menjahit, dan menyampaikan materi dalam Parenting orang tua/ wali murid TK Prima Sanggar. Berdasarkan pelaksanaan PPL mulai 15 Juli s.d. 15 September 2016, mahasiswa telah menerapkan berbagai ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Pendidikan Luar Sekolah yang diperoleh di perkuliahan serta mendapat pengalaman dan pengetahuan baru dalam hal kependidikan yang berguna di kemudian hari. Mahasiswa dapat menemukan berbagai persoalan dan karakter peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Persoalan dan karakter peserta didik yang heterogen mengharuskan mahasiswa PPL menentukan metode pembelajaran yang tepat sebagai salah satu cara mengatasi persoalan yang ada. %A Zumrotus Sholichati Zumrotus Sholichati