TY - JOUR UR - http://eprints.uny.ac.id/47351/ ID - UNY47351 KW - e-learning KW - maturity KW - model AV - public TI - PENGEMBANGAN GUIDELINE E-LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA YOGYAKARTA BERBASIS EVALUATION OF E-LEARNING MATURITY MODEL (EMM) A1 - Nur Hadi, Waryanto, M.Eng. A1 - Nur, Insani A1 - Retno, Subekti N1 - Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016 Y1 - 2016/// N2 - Penyediaan infrastruktur teknologi dan pelatihan SDM sama sekali belum menjamin keberhasilan e-learning, kultur organisasi dan faktor leadership memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan e-learning. Pengamatan sepintas menunjukkan bahwa tidak semua persyaratan untuk bisa memanfaatkan e-learning dalam proses pembelajaran secara optimal telah dipenuhi. Selain itu pemanfaatan e-learning khususnya IT dalam kurikulum 2013 adalah suatu keharusan dalam semua mata pelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan/menyusun guideline E-Learning berbasis Evaluation of e-Learning Maturity Model(eMM) untuk sekolah menengah (SMP dan SMA di kota Yogyakarta). Guideline digunakan sebagai panduan untuk pengembangan elearning dalam proses pembelajaran di sekolah khususnya di tingkat SMP dan SMA di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Model penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model penelitian reseach and development versi Borg and Gall dan Versi Dick and Carey. Evaluation of e-learning Maturity Model digunakan untuk mengetahui informasi tentang kelemahan dan kekuatan kondisi pengeloalaan e-learning saat ini. Hasil evaluasi tersebut memberikan informasi yang digunakan sebagai dasar penyusunan guideline pengembangan e-learning di sekolah menengah. JF - Artikel Penelitian Hibah Bersaing ER -