%0 Journal Article %A Maryati, Maryati %A Susilowati, Susilowati %A LPPM UNY, %D 2016 %F UNY:47348 %J Artikel Penelitian Hibah Bersaing %K PCK, Workshop PPG %T PENGEMBANGAN LEARNIG GUIDE WORKSHOP PPG IPA SMP BERBASIS PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU %U http://eprints.uny.ac.id/47348/ %X Tujuan penelitian hibah bersaing pada tahun kedua ini adlah untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi produk buku panduan workshop penyusunan SSP dalam program PPG terhadap keprofesionalan guru berbasis PCK (pedagogical content knowledge). Metode penelitian yang digunakan adalah collaborative action research. Pengumpulan data kuantittif dilakuakan melalui observasi terhadap hasil SSP (subject specific pedagogy) dengan pemberian skor penilaian pada setiap butir pertanyaan. Hasil penialian kemudian dianalisis dengan pemodelan Rasch menggunakan perangkat lunak Winstem. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan buku panduan penyusunan SSP dalam program PPG IPA SMP dapat meningkatkan pengetahuan tentang kurikulum dan pengetahuan tentang evaluasi pembelajran. Sedangkan kemampuan tentang pemahaman peserta didik terhadap sains dan pengetahuan strategi pembelajrannya masih rendah. %Z Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016