TY - THES ID - UNY47297 Y1 - 2017/02/21/ AV - public TI - PERAN MEDIA CENTER HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK BAGI MASYARAKAT DAN PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO PB - Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Elvika Putri Dinanti, EPD M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Media Center Humas Pemerintah sebagai media komunikasi publik bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci (key informan) penelitian yaitu Kepala Sub Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan pengelola Media Center Humas. Informan pendukung yaitu wartawan senior dan masyarakat Kulon Progo. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data ditentukan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Media Center Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam memberikan penerangan kepada masyarakat dengan membangun berbagai media, yaitu: media cetak, media elektronik dan media online. 2) Persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan masyarakat dimulai dari pengelolaan informasi yang tepat di Media Center, berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), dimulai dari adanya berita kemudian membuat press release dan terakhir menginformasikan kepada media dan masyarakat/publik. 3) Pelaksanaan komunikasi dua arah dilakukan melalui program Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, yaitu: forum ?Bupati Menyapa?, ?Kamisan? dan Press Tour Daerah. 4) Media Center Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam mengevaluasi sikap dan opini publik dengan memanfaatkan teknologi dan informasi dengan membentuk layanan pengaduan masyarakat berupa SEMAR (Sistem Aduan Masyarakat Kabupaten Kulon Progo). Kata kunci: Peran Media Center, Komunikasi Publik UR - http://eprints.uny.ac.id/47297/ ER -