%I Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta %A SDA SEPTIAN DWI ANANTO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Laboratorium Komputer di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, mengetahui hambatan-hambatan yang muncul dalam manajemen laboratorium komputer di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, serta mengetahui upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan yang terjadi dalam manajemen Laboratorium Komputer di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Kepala laboratorium komputer, dan peserta didik kelas XI tahun ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ananlisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Laboratorium Komputer di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan meliputi aspek perencanaan, aspek pengorganisasian, aspek pelaksanaan, dan aspek pengawasan. 2) Hambatan yang muncul dalam manajemen laboratorium komputer yaitu; (a) Aspek Perencanaan terbatasnya anggaran dana pengadaan peralatan dan perlengkapan laboratorium komputer, (b) Aspek Pengorganisasian penerapan struktur organisasi yang belum optimal serta kurangnya koordinasi antara pengelola laboratorium karena terbatasnya waktu di sekolah, (c) Aspek Pelaksanaan masih terjadi benturan jadwal pemakaian laboratorium, listrik sering padam, serta masih ada siswa yang belum menaati tata tertib, dan (d) Aspek pengawasan guru pengguna kadang tidak mengawasi siswa ketika praktik di laboratorium sehingga tidak tahu apa yang dilakukan oleh siswa, kurangnya tenaga khusus laboratorium, dan masih sulitnya untuk mendeteksi keadaan laboratorium.3) Upaya untuk mengatasi hambatan dalam manajemen laboratorium komputer yaitu; (a) Aspek Perencanaan pihak sekolah mengajukan proposal ke dinas pusat untuk bantuan pengadaan alat-alat laboratorium, (b) Aspek Pengorganisasian kepala laboratorium mengkaji ulang bagan struktur yang sudah tertera, (c) Aspek Pelaksanaan mengatur ulang jadwal pemakaian, menambah tegangan listrik, serta memberikan teguran kepada siswa yang melanggar tata tertib, dan (d) Aspek Pengawasan menegur guru pengguna yang tidak mengawasi secara langsung saat kegiatan praktik, menambah tenaga khusus laboratorium, dan memasang CCTV agar kegiatan pengawasan berjalan secara maksimal. Kata Kunci: Manajemen Laboratorium Komputer %T MANAJEMEN LABORATORIUM KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN %D 2017 %L UNY47294