@phdthesis{UNY47293,
          school = {UNY},
            year = {2017},
           month = {February},
           title = {IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
SISWA KELAS XI MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2
DIMENSI DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN},
          author = {Fitrotunzaqiyah Hanun Rosidah},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/47293/},
        abstract = {IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE
STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
KELAS XI MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI DI
SMK NEGERI 1 JOGONALAN
Oleh:
Hanum Rosidah Fitrotunzaqiyah
NIM. 11520241010
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas XI multimedia pada mata pelajaran animasi 2 dimensi melalui pembelajaran
dengan model cooperative learning tipe STAD di SMK Negeri 1 Jogonalan tahun
ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI multimedia SMK Negeri
1 Jogonalan sebanyak 33 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model
Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan
pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal
tes untuk mengukur hasil belajar siswa, lembar observasi, angket motivasi, dan
angket penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk
mengukur motivasi belajar siswa. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis
data secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran model
cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas XI multimedia SMK Negeri 1 Jogonalan. Langkah-langkah dalam pembelajaran
dengan model cooperative learning tipe STAD ada empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua
kali pertemuan. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model
cooperative learning tipe STAD motivasi belajar siswa pada siklus I skor rata-rata
siswa 511 dan persentase motivasi belajar sebesar 68,7\%. Pada siklus II dihasilkan
skor rata-rata sebesar 666, sehingga persentase motivasi belajar sebesar 89,5\%.
Rentang skor 89,5\% tergolong skor kategori sangat tinggi. Apabila dibandingkan,
motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 20,8\%.
Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 5 siswa yang tidak mencapai
KKM, namun pada siklus II telah terjadi peningkatan yaitu 100\% siswa telah
mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 12,61 poin dari 86,18
pada siklus I, menjadi 98,79 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut penelitian
dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu
?76\% dari keseluruhan siswa kelas XI multimedia SMK Negeri 1 telah mencapai
KKM, kemudian penelitian dihentikan.
Kata kunci: Cooperative learning tipe STAD, motivasi belajar, hasil belajar
multimedia.}
}