eprintid: 47260 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/72/60 datestamp: 2017-02-21 02:39:01 lastmod: 2019-10-01 11:33:54 status_changed: 2017-02-21 02:39:01 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Asri Diyah Kusumawardani, Asri Diyah Kusumawardani title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 PIYUNGAN BANTUL Jl. Wonosari, Sitimulyo, Piyungan, Bantul ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMP N 2 Piyungan Bantul, VII abstract: Progrm Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PPL memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PPL mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 2 Piyungan beralamat di Jalan Wonosari, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY dan berlangsung daritanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PPL kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Rancangan kegiatan PPL terdiri dari persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada bulan Februari 2016, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada Februari 2016, kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 15 Juli - 15 September 2016 yaitu di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Maka dari itu kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PPL ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang eratkaitannya dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Asri Diyah Kusumawardani, Asri Diyah Kusumawardani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 PIYUNGAN BANTUL Jl. Wonosari, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/47260/1/13601241112_Asri%20Diyah%20K%20%28PKJR%29.pdf