%0 Journal Article %A Jamilah, M.Pd. %A Suharso, Pudjo %A LPPM UNY, %D 2016 %F UNY:47255 %J Artikel Penelitian Hibah Bersaing %K web-based learning, EAP, keterampilanbelajar, kemandirianbelajar, Bahasa Inggris, bahan ajar %T PENGEMBANGAN BAHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSES BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA %U http://eprints.uny.ac.id/47255/ %X Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terselenggaranya pembelajaran Bahasa Inggris di perguruan tinggi yang mampu menciptakan keterampilan dan kemandirian belajar mahasiswa yang akan mendukung penguasaan bidang studi mereka. Target khusus penelitian ini adalah tersedianya bahan ajar Bahasa Inggris berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Reasearch and Development) yang dilaksanakan di UniversitasNegeri Yogyakarta yang melibatkan dosen, mahasiswa di lingkungan UNY. Pemilihan sampe lmahasiswa yang dijadikan responden dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sedangkan responden dari dosen dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kusioner, observasi dan interviu, dan focus group discussion. Instrument pengumpul data berupa kuesioner, daftar tilik observasi, dan panduan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan memanfaatkan persentase. Langkah-langkah penelitian meliputi analisis kebutuhan, penyusunan kisikisi materi ajar, pengembangan bahan ajar dan evaluasi bahan ajar. Penelitian ini sudah berhasil mengembangkan sebuah modul untuk pembelajaran Bahasa Inggris MKU dan sebuah program pembelajaran e-learning dengan moodle yang telah dievaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan diujicoba lapangan untuk pembelajaran di kelas. Hasil evaluasi materi ajar menunjukkan materi tergolong sangat bagus dengan rerata skor 3,60; hasilevaluasi media menghasilkan katergori layak dengan rerata skor 3,19, dan ujicoba lapangan menunjukkan bahwa program yang dikembangkan telah dapat digunakan untuk proses pembelajaran dan mendapat respon positif dari mahasiswa, dengan rerata skor untuk materi 3,59 dan rerata skor untuk media 3,53. %Z Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016