relation: http://eprints.uny.ac.id/47195/
title: PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI BERBASIS PENDEKATAN  SISTEMIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA
creator: Erfan, Priyambodo , M.Si.
creator: Marfuatun, -
subject: LPPM
description: Pembelajaran kimia di SMA/MA, seorang peserta didik dituntut untuk berpikir  konstruktif sehingga dapat memahami konsep-konsep kimia yang cenderung abstrak. Proses  berpikir konstruktif diperoleh jika peserta didik tersebut mampu berpikir secara logis dan  analitis. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat digunakan adalah  pendekataan sistemik yaitu suatu pendekatan yang menggunakan suatu susunan konsepkonsep    melalui sistem interaksi yang menghubungkan antar konsep. Tujuan dari penelitian  ini adalah (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis kimia peserta didik kelas X  dan XI Semester II SMA sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan  menggunakan pendekatan sistemik; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia peserta  didik kelas X dan XI Semester II SMA sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran  dengan menggunakan pendekatan sistemik; (3) mengetahui ada tidaknya hubungan  kemampuan berpikir analitis terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X dan XI  Semester II setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan  sistemik.   Sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas X (54 peserta didik) dan 2 kelas XI (64  peserta didik). Terdapat dua macam instumen pada penelitian ini, yaitu instrumen untuk  pembelajaran kimia dan instrumen pengambilan data penelitian. Semua instrumen yang  digunakan pada penetian ini divalidasi secara logis dan empirik. Analisis data penelitian  dilakukan secara statistik.   Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada perbedaan yang positif dan signifikan pada  kemampuan berpikir analitis peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran  menggunakan pendekatan sistemik, (2) ada perbedaan yang positif dan signifikan pada  prestasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan  pendekatan sistemik, (3) ada hubungan yang positif antara naiknya kemampuan berpikir  analitis peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik.
date: 2016
type: Article
type: PeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/47195/1/hb.pdf
identifier:   Erfan, Priyambodo , M.Si. and Marfuatun, -  (2016) PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI BERBASIS PENDEKATAN SISTEMIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA.  Artikel Penelitian Hibah Bersaing.