%0 Report %9 Project Report %A Sulistriyono, Sulistriyono %D 2016 %F UNY:47190 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Laporan,PPL %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK KI AGENG PEMANAHAN Jl Parangtritis Km 16,5 Patalan, Jetis, Bantul %U http://eprints.uny.ac.id/47190/ %X PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatifyang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMK Ki Ageng Pemanahan ini di lakukan selama 2 bulan mulai dar i tanggal 15 Jul i 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini , terdapat beberapa kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa yai tu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan atau praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas dengan dibimbing ol eh Guru Pembimbng yai tu Bapak Ri an Maj id Permana. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X jurusan Mekatronika pada mata pelajaran pemrograman komputer dan CAD/ CAM. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi tadarus Asmaul Husna, mengaji bersama guru, dan melakukan absensi kelas. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 7 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahas iswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran di kelas sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat bantuan dar i Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat ber jalan dengan lancar dan member ikan manfaat untuk mahasi swa calon pendidik.