TY - JOUR N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pelatihan parenting untuk orang tua siswa Sekolah Dasar di DIY. Secara khusus teridentifikasinya sekolah dasar yang telah menyelenggarakan pelatihan parenting bagi orang tua siswa SD, teridentifikasinya kebutuhan pelatihan parenting bagi orang tua siswa SD, tersusunnya perangkat pelatihan parenting bagi orang tua siswa SD, serta tersusunnya prototype model pelatihan parenting untuk orang tua siswa SD.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development)model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evluation). Hasil penelitian menunjukan sebagian sekolah dasar di DIY telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan parenting sekolah dengan berbagai bentuk dan model, Kegiatan parenting sekolah diinisiasi oleh orangtua melalui komite sekolah atau komite kelas, peran sekolah sebagai fasilitasi kegiatan, Perangkat pelatihan parenting sekolah seperti materi, metode, sumber belajar dan nara sumber belum terprogram dan tersusun sistematis, Belum ada panduan pelatihan yang terstandar untuk kegiatan parenting, maka diperlukan penelitian lanjutan untuk menyusun buku panduan pelatihan parenting untuk orangtua siswa SD yang sistematis. A1 - Deni Hardianto, M.Pd A1 - HARYANI, - TI - PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN PARENTING UNTUK ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR DI DIY N1 - Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016 KW - model pelatihan KW - parenting KW - sekolah dasar AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/47135/ JF - Artikel Penelitian Hibah Bersaing ID - UNY47135 Y1 - 2016/// ER -