%L UNY47130 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III, 2) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III, 3) pengaruh fasilitas belajar dan teman sebaya secara bersama – sama terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto sekaligus merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi sebanyak 88 siswa pada kelas XI IPS di MAN Yogyakarta III tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 0,235, nilai t sebesar 2,701 pada signifikansi 0,008 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 1,013, nilai t sebesar 5,105 pada signifikansi 0,000; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III dibuktikan dengan nilai F sebesar 22.719 pada signifikansi 0,000. Sumbangan efektif variabel fasilitas belajar sebesar 9.54% dan teman sebaya sebesar 25.30% terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di MAN Yogyakarta III. Kata kunci : Fasilitas Belajar, Teman Sebaya, Motivasi Belajar %A Diana Kusumaningrum %D 2017 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA KELAS XI IPS MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016