TY - THES N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas metode permainan kooperatif terhadap keterampilan menyimak bahasa Korea peserta pelatihan kelas calon TKI di lembaga pendidikan Bina Insani Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain one grup pre test post test design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Sebelum dilaksanakan treatment dilakukan pre-test dan setelah treatment dilakukan post-test. Hasil dari pre-test dan post-test akan diperbandingkan. Analisis data untuk menguji hipotesis digunakan tes U-Mann Whitney. Data hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh hasil pembelajaran sebelum dan setelah dilakukan treatment. Rata-rata hasil post-test setelah dilakukan treatment adalah 76,22 lebih tinggi dari rata-rata hasil pre-test sebelumnya yaitu 61,66. Selain itu dari uji hipotesis dimana nilai U statistik uji lebih kecil dari nilai U tabel U-Mann Whitney yaitu 12 < 13. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Data tersebut membuktikan bahwa permainan kooperatif efektif berpengaruh terhadap keterampilan menyimak peserta pelatihan bahasa Korea kelas calon TKI di lembaga pedidikan Bina Insani Yogyakarta. Kata kunci: permainan kooperatif, keterampilan menyimak, bahasa Korea, calon TKI Y1 - 2017/01/31/ A1 - Mukti, Tri PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - restricted TI - EFEKTIFITAS METODE PERMAINAN KOOPERATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA PELATIHAN BAHASA KOREA KELAS CALON TKI LEMBAGA PENDIDIKAN BINA INSANI YOGYAKARTA ID - UNY47104 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/47104/ ER -