TY - THES M1 - tesis N2 - Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan indikator kompetensi kepribadian guru dan mengembangkan perangkat tes kompetensi kepribadian guru yang valid dan reliabel. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan konseptual dan prosedural. Proses pengembangan tes kompetensi kepribadian guru diawali dengan perumusan indikator melalui telaah teoritis dan expert judgement (Focus Group Discussion), pembuatan kisi-kisi, penentuan bentuk instrument, kriteria penilaian, diikuti dengan telaah, revisi, uji coba, analisis data dan penyusnan instrumen bentuk akhir beserta panduan dan norma instrumen. Uji coba instrumen dilakukan sebanyak dua kali dengan responden sebanyak 326 guru sekolah negeri dan swasta di kota Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan program ITEMAN ? versi 3.00 untuk analisis butir dan SPSS versi 15 untuk analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 22 indikator kompetensi kepribadian guru yang dikelompokkan dalam 5 dimensi (integritas, kepemimpinan, kesetabilan emosi, keterbukaan dan kemampuan interpersonal); (2) karakteristik instrumen dijabarkan sebagai berikut: validitas isi baik, reliabilitas instrumen secara keseluruhan adalah baik (handal), instrumen kompetensi kepribadian guru pada uji coba I memiliki koefisien reliabilitas Alpha sebesar 0.890 dan SEM 0,082, sedangkan pada uji coba II memiliki reliabilitas Alpha sebesar 0.922 dan SEM 0.095, hasil analisis faktor menunjukkan bahwa instrumen kompetensi kepribadian guru memenuhi syarat untuk dianalisis, dan terdapat 39 pernyataan yang valid dan dapat dimanfaatkan. UR - http://eprints.uny.ac.id/47089/ KW - instrumen KW - kompetensi kepribadian guru ID - UNY47089 Y1 - 2009/12/31/ AV - restricted A1 - Wijayanti, Retno TI - Pengembangan Instrumen Kompetensi Kepribadian Guru PB - UNY ER -