%0 Thesis %9 S1 %A Dwitasari, Riska %A Rosnawati, R. %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:47006 %I UNY %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN %U http://eprints.uny.ac.id/47006/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dengan metode Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran ekspositori serta mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara pendekatan saintifik dengan metode Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran ekspositori pada pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi belajar matematika peserta didik di SMA. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretestposttest control group. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, 30 siswa dalam kelas eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes prestasi belajar. Hasil dari validasi dalam penelitian ini berupa instrumen dengan ketentuan layak digunakan dengan revisi. Hasil reliabilitas pretest dan posttest adalah 0,64 dan 0,61 dengan kategori tinggi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan menggunakan