%0 Thesis %9 S1 %A Naviano, Rinda %A Wutsqa, Dhoriva Urwatul %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:47005 %I UNY %T KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK N 4 SURAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/47005/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS), serta mengetahui pendekatan yang lebih efektif antara pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK N 4 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 384 yang dibagi terbagi menjadi 12 kelas. Sampel dipilih secara acak dan didapat peserta didik kelas XI APH 1 sebagai kelas eksperimen pertama dan peserta didik kelas XI APH 3 sebagai kelas eksperimen kedua. Kelas eksperimen pertama menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas eksperimen kedua menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan instrument tes (pretest-posttest). Analisis data untuk mengukur keefektifan menggunakan one sample t-test; untuk mengetahui perbedaan keefektifan menggunakan T2 (Hotteling Trace); untuk mengetahui pendekatan yang lebih efektif menggunakan independent sample ttest dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika; 2) pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika; 3) pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif ditinjau dari motivasi, tetapi pembelajaran dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dibanding pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari prestasi belajar matematika. Kata Kunci: Saintifik, STAD, TPS, motivasi, prestasi belajar matematika.