TY - THES TI - Kesiapan Guru Proram Studi Kria Logam dalam Melaksanakan Competency-Based Training (CBT) pada SMK-SK di Daerah Istimewa Yogyakarta AV - restricted KW - kesiapan guru KW - competency based training KW - Sekolah Menengah Kejuruan M1 - tesis ID - UNY46996 UR - http://eprints.uny.ac.id/46996/ Y1 - 2010/10/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: 1. persepsi guru, motivasi kerja, pengalaman kerja, lingkungan kerja, dan kesiapan kerja; dan 2. pengaruh persepsi guru, motivasi kerja, pengalaman kerja, dan lingkungan kerja terhadap kesiapan guru dalam melaksanakan Competency-Based Training (CBT) pada SMK-SK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah semua guru (32 orang) praktikum yang ada di SMK Kria yang sekaligus menjadi subjek penelitian sehingga penelitian ini juga merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) persepsi guru terhadap proram pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi termasuk dalam kategori tinggi (82,5%). (2) Tingkat motivasi guru terhadap program pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi termasuk dalam kategori tinggi (83,8%). (3) Pengalaman kerja guru termasuk dalam kategori cukup tinggi (69,7%). (4) Lingkungan kerja termasuk dalam kategori cukup tinggi (77,9%). (5) Kesiapan kerja guru dalam program pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi termasuk dalam kategori cukup tinggi (76%). (6) Ada hubungan yang positif antara persepsi guru dengan kesiapan kerja guru dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi (r = 0,647, 41%). (7) Ada hubungan yang positif antara motivasi kerja guru dengan kesiapan kerja guru dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi (r = 0,701, dengan koefisien determinasi 49,1%). (8) Ada hubungan yang positif antara lingkungan kerja dengan kesiapan kerja guru dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi (r = 0,545, dengan determinasi 29,7%). (9) Ada pengaruh yang positif antara persepsi guru, motivasi, pengalaman kerja, dan lingkungan kerja secara bersama-sama dengan kesiapan kerja guru dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan kompetensi (r = 0,867, dengan determinasi 75,1%). (10) Besar sumbangan relative variable persepsi guru 22,33%, motivasi guru 26,55%, pengalaman kerja 27,63%, dan lingkungan kerja 23,49%. Sumbangan efektif secara keseluruhan variable yang diteliti dalam penelitian ini sebesar 71,4%. A1 - Hanafi, Taufan Agus PB - UNY ER -