eprintid: 46973 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/69/73 datestamp: 2017-02-09 00:27:26 lastmod: 2019-10-01 11:36:55 status_changed: 2017-02-09 00:27:26 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: LILIN AVINIA, LILIN AVINIA title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 15 JULI- 15 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 2 GAMPING Jalan Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman Telp. (0274) 641574 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Universitas Negeri Yogyakarta abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Gamping telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli – 15 Agustus 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 Mahasiswa dari 6 program studi, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan IPS, Pendidikan IPA, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, pendidikan Seni Musik. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sendiri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 18 Agustus sampai dengan 15 September 2016, dilakukan sebanyak 32 kali pertemuan dikelas VIII A, B, C, D, E, F. Pokok bahasan yang diajarkan untuk kelas VIII yaitu mengenai Pancasila sebagai dasar dan Ideologi negara. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksanya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penugasan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidak jelasan siswa terhadap materi, hanya sebagian kecil siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus di hadapi selama kegiatan PPL. date: 2016 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: LILIN AVINIA, LILIN AVINIA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 15 JULI- 15 SEPTEMBER 2015 SMP NEGERI 2 GAMPING Jalan Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman Telp. (0274) 641574. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/46973/1/LILIN%20AVIANI_PKNH_13401244018.pdf