TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 4 Sleman sebanyak 4 kelas dengan total 127 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas VII A dengan 32 siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan metode ekspositori sebagai kelas kontrol dan kelas VII C dengan 31 siswa yang mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, angket motivasi belajar, dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki keefektifan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova), digunakan untuk menyelidiki perbedaan keefektifan antara model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa, dan pembelajaran menggunakan metode ekspositori efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis namun tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa. Untuk perbedaan keefektifan, hasil temuan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) dan metode ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hasil temuan juga menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif dalam seting team accelerated instruction (TAI) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Genaratif, TAI, ekspositori, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar Y1 - 2017/01/26/ A1 - Handayani, Isti A1 - Wutsqa, Dhoriva Urwatul PB - UNY ID - UNY46896 M1 - skripsi TI - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM SETING TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/46896/ ER -