%L UNY46875 %K PPL, SLB Yapenas, akademik %A Dio Amanda Celsea Dio Amanda Celsea %X Praktik pengalaman mengajar merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mampu memperoleh pengalaman secara nyata dan tertanamnya etos kerja yang baik dalam diri mahasiswa. Dewasa ini banyak ditemui bahwa kemampuan pendidik dalam menangani anak berkebutuhan khusus termasuk dalam kategori kurang baik, hal tersebut dikarenakan pengalaman yang kurang dan kemampuan pemahaman teori mengajar yang kurang baik, oleh karena itu Praktik Pengalaman Lapangan dalam mengajar di Program PPL II atau Magang III wajib untuk diikuti oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi: (1) Observasi dan asesmen yang telah terlaksana pada program PPL I yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang potensi akademik maupun hambatan yang dihadapi oleh peserta didik, (2) Penyusunan RPP, (3) Pembuatan media pembelajaran, (4) Praktik mengajar bidang akademik, (4) Serta pendampingan pelaksanaan kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah seperti kegiatan kelas keterampilan memasak dan menggantikan guru yang berhalangan hadir atau sedang menjalankan tugas penting dari pihak sekolah. Program kegiatan PPL yang dilakukan oleh penulis ialah memberikan stimulus pada bidang kognitif, afektif dan psikomotor pada anak melalui program pembelajaran akademik, sehingga nantinya anak mampu mengikuti pelajaran akademik dan non akademik atau akademik fungsional (vokasional) dengan baik ketika anak akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Praktik mengajar terbimbing dimulai dari tanggal 18 Agustus sampai dengan tanggal 15 September 2016. Praktik mengajar mandiri dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan yaitu dengan subyek bernama Ricko Wirata Kusuma duduk di kelas VIII SMPLB Tunagrahita di SLB Yapenas. Program kegiatan PPL II dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif dari peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2016/2017 %I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %J LAPORAN PPL %D 2016