%0 Report %9 Project Report %A DIAN LUTFI YAHYA, DIAN LUTFI YAHYA %D 2016 %F UNY:46855 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Teknik Pemesinan, SMK Muhammadiyah Prambanan %T LAPORAN PPL SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta L MAGANG III 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016 %U http://eprints.uny.ac.id/46855/ %X Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah lapangan wajib lulus adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang mana sebagai latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler dimana sebelumnya mahasiswa mengikuti terlebih dulu mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk praktek PPL. SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2015 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai, namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh aktifitas belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah las lanjut (las SMAW) di jurusan teknik pemesinan dengan jumlah tatap muka sebanyak 18 kali dan penulis sendiri mengampu 2 kelas yaitu XI TPA dan XI TPB. Secara keseluruhan program kerja PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, job sheet, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penulis untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.