TY - THES TI - RESEPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TERHADAP CERPEN KARYA CERPENIS PEREMPUAN DAN CERPENIS LAKI-LAKI A1 - Wahyu Pratiwi, Eria PB - Universitas Negeri Yogyakarta UR - http://eprints.uny.ac.id/46850/ M1 - skripsi KW - resepsi siswa KW - cerpen KW - cerpenis KW - aspek psikologi KW - aspek sosiologi KW - SMA Negeri 4 Yogyakarta. AV - restricted ID - UNY46850 Y1 - 2017/01/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis perempuan dari aspek psikologi dan aspek sosiologi, (2) mendeskripsikan resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis laki-laki dari aspek psikologi dan aspek sosiologi, dan (3) mendeskripsikan perbedaan resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis perempuan dan cerpenis laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA NEGERI 4 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sample. Pemilihan kelas berdasarkan nilai dan perbedaan kelas jurusan. Kelas XI IPA 4, XI IPS 1, dan XI KKO ditetapkan sebagai kelas yang dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian berjumlah 96 terdiri dari 47 siswa laki-laki dan 49 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket pernyataan tertutup dan pertanyaan terbuka. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk. Validitas konstruk dilakukan dengan cara judgement experts. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) resepsi siswa terhadap cerpen karya cerpenis perempuan termasuk kategori sedang dengan persentase 70,65%, resepsi siswa terhadap keterkaitan aspek psikologi dengan unsur pembangun cerpen termasuk kategori sedang dengan persentase 80,43%, dan keterkaitan aspek sosiologi dengan unsur pembangun cerpen termasuk kategori sedang dengan persentase 83,68%; (2) resepsi siswa terhadap cerpen karya cerpenis laki-laki termasuk kategori sedang dengan persentase 71,74%, resepsi siswa terhadap keterkaitan aspek psikologi cerpenis dengan unsur pembangun cerpen termasuk kategori sedang dengan persentase 47,83%, dan keterkaitan aspek sosiologi cerpenis dengan unsur pembangun cerpen termasuk kategori sedang dengan persentase 61,95%; dan (3) resepsi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta terhadap cerpen karya cerpenis laki-laki lebih tinggi secara keseluruhan dan dilihat dari keterkaitan aspek psikologi dengan unsur pembangun cerpen. ER -