%0 Thesis %9 S1 %A Nicki, Yutapratama %B Jurusan Pendidikan Luar Biasa %D 2016 %F UNY:46818 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS TERHADAP PERILAKU INATENSI PADA ANAK ADHD KELAS III DI SDN GEJAYAN %U http://eprints.uny.ac.id/46818/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan terapi musik instrumental dalam pembelajaran di kelas terhadap perilaku inatensi anak ADHD kelas III di SDN Gejayan. Penerapan terapi musik instrumental tersebut dapat dilihat dari perilaku inatensi yang berkurang. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen dengan menggunakan model Single Subject Research (SSR). Penelitian dilaksanakan sebanyak 12 x pertemuan dalam 3 sesi (A – B – A’) dengan subjek anak ADHD yang mengalami perilaku inatensi pada saat pembelajaran. Data yang dikumpulkan menggunakan tes hasil observasi terhadap frekuensi perilaku siswa, serta wawancara dengan guru kelas, dan analisis data menggunakan analisis antar kondisi dan dalam kondisi. Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik, dan pengujian hipotesis dengan melihat hasil penurunan frekuensi perilaku pada hasil observasi dari fase Baseline (A1), Intervensi (B), dan Baseline (A2). Hasil penelitian ini adalah metode terapi musik instrumental mampu mengurangi frekuensi perilaku inatensi anak ADHD kelas Dasar III di SD Negeri Gejayan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penurunan frekuensi perilaku dari 12, 14, 14 pada fase Baseline-1 menjadi 7, 6, 6, 4, 5 frekuensi perilaku per hari pada fase Intervensi, dan kembali menurun bila dibandingkan pada fase Baseline-1 menjadi 10, 11, 9, 9 kali frekuensi pada fase Baseline-2. Berdasarkan data yang diperoleh, penggunaan metode terapi musik instrumental efektif untuk mengurangi frekuensi perilaku inatensi anak ADHD yang ditunjukkan pada penurunan frekuensi pada fase intervensi dan baseline-2.