<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Penyampelan menggunakan\r\nteknik random sampling dengan hasil kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan prates dan pascates yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Validitas yang \r\ndigunakan adalah validitas isi. Validitas isi dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan koefisien alpha pada program iteman dan diperoleh nilai sebesar 0,770. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian persyaratan analisis menunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. \r\nPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi PSRT dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi PSRT. (2) mengetahui keefektifan \r\nstrategi PSRT dalam pembelajaran membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. \r\nBerdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi yang signifikan antara kelas yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi PSRT dengan kelas yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi PSRT pada \r\nsiswa kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t pascates kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh t 4,926 dengan df = 62 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). (2) Strategi PSRT terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t skor prates dan pascates kelas eksperimen diperoleh t hitung 2,385 dengan df=31 dan p sebesar 0,023 (p < 0,05). Gain Score kelas kontrol sebesar 0,88 dan kelas eksperimen 2,62. \r\n \r\nKata kunci: keefektifan, strategi PSRT, membaca pemahaman, teks deskripsi"^^ . "2017-01-10" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Arif"^^ . "Tri Kuncoro"^^ . "Arif Tri Kuncoro"^^ . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO (Text)"^^ . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO (Other)"^^ . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO (Other)"^^ . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO (Other)"^^ . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO (Other)"^^ . . . . . . "KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \r\nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #46783 \n\nKEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think) \nTERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .