TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/46778/ M1 - skripsi ID - UNY46778 AV - public TI - UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TALKING STICK PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA KW - Peningkatan KW - Keaktifan KW - Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Albyan, Widya Pratama Y1 - 2017/01/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta melalui teknik talking stick, dan (2) meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta melalui teknik talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari 16 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi dan tes berbicara bahasa Jerman. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik talking stick dapat meningkatkan keaktifan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta diantaranya peserta didik berani menyampaikan pendapat menggunakan bahasa Jerman, peserta didik berani bertanya dan peserta didik meminta ujian evaluasi diajukan dari jadwal yang direncanakan. Pada aspek keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Yogyakarta meningkat sebesar 26% dari rata-rata nilai 62,3 sebelum tindakan dan rata-rata nilai 78,64 setelah diberi tindakan. ER -