%0 Report %9 Project Report %A Arzhana Damar Panggalih, Arzhana Damar Panggalih %D 2016 %F UNY:46774 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL,Gambar Teknik, Ilmu Ukur Tanah, SMK Negeri 1 Seyegan %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMK N 1 SEYEGAN PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 %U http://eprints.uny.ac.id/46774/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Pada kegiatan PPL mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. SMK Negeri 1 Seyegan beralamatkan di Jalan Kebonagung Km. 8, Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama ± 2 bulan pada semester khusus mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa sehingga mempunyai kesiapan untuk menjadi seorang pendidik yang berkualitas. Dalam pelaksanaanya mahasiswa mahasiswa PPL melaksanakan pembelajaran terbimbing dan pembelajaran mandiri pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah sebanyak 1 kelas yaitu X TGB 2, dan Gambar Teknik sebanyak 1 kelas yaitu XI TGB 1 dengan jumlah pertemuan kelas X TGB 2 sebanyak 7 kali pertemuan, X TGB 2 sebanyak 7 kali pertemuan. Sehingga total pertemuan yakni 14 pertemuan. Secara keseluruhan, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa PPL. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk setiap mata pelajaran. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa PPL dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai calon pendidik. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.