TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/46766/ AV - public TI - ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN ANNE FRANK DALAM ANNE FRANK TAGEBUCH (KAJIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ERICK H. ERIKSON) KW - Psikologi Perkembangan Erick H. Erikson KW - Roman M1 - skripsi ID - UNY46766 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Kiki, Pratiwi Y1 - 2017/01/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh dan penokohan Anne Frank dalam roman Anne Frank Tagebuch karya Anne Frank berdasarkan psikologi perkembangan Erick. H Erikson. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Anne Frank Tagebuch karya Anne Frank. Data diperoleh dengan teknik baca-catat. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Keabsahan data penelitian dilakukan melalui validitas semantis dan expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil penelitian sebagai berikut. Anne memasuki dua tahap perkembangan, yaitu masa sekolah (tahap ke-4) dan adolesen (tahap ke-5). Tahap ke-4 terdiri dari virtue (kemampuan), ritualisasi-ritualisme dan krisis psikososial. Tokoh utama Anne menjalani bagian virtue (kemampuan) dengan baik, karena Anne menunjukkan pola tingkah laku yang seimbang pada bagian ini. Tahap ritualisasi-ritualisme dilalui Anne dengan tidak baik, karena Anne tidak bisa terikat oleh aturan dan sistem. Anne mengalami krisis psikososial. Tahap ke-5 adolesen, terdiri dari identitas positif, kekacauan identitas dan virtue. Tokoh utama Anne mengalami identitas positif dan kekacauan identitas. Kedua identitas yang berseberangan tersebut menimbulkan keseimbangan terhadap kepribadian tokoh utama Anne. ER -