relation: http://eprints.uny.ac.id/46657/ title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PAKEM creator: Chinthia Rizky Saputri, Chinthia Rizky Saputri subject: LPPMP description: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki bobot 3 sks. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA Negeri 1 Pakem. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Selain itu Praktek Lapangan ini dapat memberikan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi sekolah, observasi kelas hingga pelaksanaan PPL, yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelakasanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL di kelas X MIPA 2 dan X IPS 1. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Pakem ini dapat memperoleh hasil yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik mengajar di bidang Pendidikan Ekonomi yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL ini salah satunya program mengajar di kelas memiliki tantangan yang beragam dengan penyesuaian sikap karakter peserta didik yang berbedabeda, selan itu juga bagaimana cara pengajar dapat menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Disamping hambata yang ada penyusun berharap supaya hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan UNY tetap terjaga dengan baik. Secara keseluruhan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 Pakem berjalan dengan lancar. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2016 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/1/ABSEN_KELAS_16_17_%20fixprint17%20dxlsx.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/1/ABSEN_KELAS_16_17_%20fixprint17%20MIPA%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/2/AGENDA%20MENGAJAR.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/3/ANBUSO.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/4/CATATAN%20HARIAN.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/5/DAFTAR%20BUKU%20PEGANGAN%20%20GURU%20DAN%20PESERTA%20DIDIK.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/6/DAFTAR%20BUKU%20PEGANGAN%20%20GURU%20DAN%20PESERTA%20DIDIK.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/7/DOKUMENTASI%20MENGAJARprint.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/8/IMG_0001.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/9/k.%20surat%20tugas%20scan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/10/KALDIK%20SMAPA%201617.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/11/KISI-KISI%20UH%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/12/KISI-KISI%20UH%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/13/L3_JADWAL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/14/LAPORAN%20INDIVIDU%20Chinthia%20%28Autosaved%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/15/Lembar%20penilaian%20pengetahuan.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/16/Lembar%20penilaian%20pengetahuan%20mipa%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/17/matrik.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/18/PROGRAM%20%20%20TAHUNAN%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/19/PROGRAM%20SEMESTER%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/20/RPP%20pertemuan%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/21/RPP%20pertemuan%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/22/RPP%20pertemuan%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/23/RPP%20pertemuan%204.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/24/RPP%20pertemuan%205.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/25/RUBRIK%20PENILAIAN%20Ketrampilan%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/26/SOAL%20REMIDI%20KD3.1.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/26/Silabus.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/27/SOAL%20REMIDI%20KD3.2%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/27/soal%20ulangan%20harian%203.1%20kode%20%28A%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/28/soal%20ulangan%20harian%203.1%20kode%20%28B%29.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/29/UH%201%20IPS%201%20Kode%20A%20%28ANALISIS.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/29/soal%20ulangan%20harian%203.2%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/30/UH%201%20IPS%201%20Kode%20B%20ANALISIS.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/31/UH%201%20MIPA%202%20Kode%20A%20ANALISIS.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/32/UH%201%20MIPA%202%20Kode%20B%20ANALISIS.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/33/ULANGAN%20HARIAN%202%20MIPA%202%20ANALISIS%20.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46657/34/ULANGAN%20HARIAN%20%202%20IPS%201%20ANALISIS.pdf identifier: Chinthia Rizky Saputri, Chinthia Rizky Saputri (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.