TY - THES AV - public KW - Kecerdasan Emosional KW - Persepsi Tekanan Etis KW - Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi PB - Fakultas Ekonomi M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/46622/ A1 - Dwi, Novitasari TI - PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI TEKANAN ETIS, DAN MUATAN ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUNTANSI TERHADAPPERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (2) pengaruh Persepsi Tekanan Etis terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (3) pengaruh Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (4) pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah KecerdasanEmosional (X1), Persepsi Tekanan Etis (X2), dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi (X3), sedangkan variable dependennya adalah Persepsi Etis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, ujilinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=88,130+0,536X1, nilai koefisien regresi 0,536, thitung 2,363, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,069. (2) Persepsi Tekanan Etis berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=94,976+3,220X2, nilai koefisien regresi 3,220, thitung 3,722, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,156. (3) Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=125,691+0,596X3, nilai koefisien regresi 0,596, thitung0,789, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,126.; (4) Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukan dengan persamaan regresi Y=55,214+0,443X1+2,998X2+0,305X3, dengan signifikansi 0,001 dan Adjusted R2 sebesar 0,174. ID - UNY46622 Y1 - 2017/01/31/ ER -