TY  - THES
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap
Persepsi Etis mahasiswa, (2) pengaruh Persepsi Tekanan Etis terhadap Persepsi Etis mahasiswa,
(3) pengaruh Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (4)
pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran
Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah KecerdasanEmosional (X1), Persepsi
Tekanan Etis (X2), dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi (X3), sedangkan variable
dependennya adalah Persepsi Etis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, ujilinearitas, uji heteroskedastisitas,
dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan meliputi analisis regresi sederhana dan
analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian: (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan
terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi
Y=88,130+0,536X1, nilai koefisien regresi 0,536, thitung 2,363, koefisien determinasi (r2) sebesar
0,069. (2) Persepsi Tekanan Etis berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis
mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=94,976+3,220X2, nilai koefisien
regresi 3,220, thitung 3,722, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,156. (3) Muatan Etika dalam
Pengajaran Akuntansi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa
akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=125,691+0,596X3, nilai koefisien regresi
0,596, thitung0,789, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,126.; (4) Kecerdasan Emosional, Persepsi
Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi berpengaruh positif signifikan
terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukan dengan persamaan regresi
Y=55,214+0,443X1+2,998X2+0,305X3, dengan signifikansi 0,001 dan Adjusted R2 sebesar
0,174.
Y1  - 2017/01/31/
PB  - Fakultas Ekonomi
A1  - Dwi, Novitasari
TI  - PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI TEKANAN ETIS, DAN MUATAN
ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUNTANSI TERHADAPPERSEPSI ETIS
MAHASISWA AKUNTANSI
AV  - public
KW  - Kecerdasan Emosional
KW  -  Persepsi Tekanan Etis
KW  -  Muatan Etika dalam Pengajaran
Akuntansi
ID  - UNY46622
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/46622/
ER  -