relation: http://eprints.uny.ac.id/46622/
title: PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI TEKANAN ETIS, DAN MUATAN  ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUNTANSI TERHADAPPERSEPSI ETIS  MAHASISWA AKUNTANSI
creator: Dwi, Novitasari
subject: Penelitian
subject: Akuntansi
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap  Persepsi Etis mahasiswa, (2) pengaruh Persepsi Tekanan Etis terhadap Persepsi Etis mahasiswa,  (3) pengaruh Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa, (4)  pengaruh Kecerdasan Emosional, Persepsi Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran  Akuntansi terhadap Persepsi Etis mahasiswa.  Variabel independen dalam penelitian ini adalah KecerdasanEmosional (X1), Persepsi  Tekanan Etis (X2), dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi (X3), sedangkan variable  dependennya adalah Persepsi Etis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive  sampling. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, ujilinearitas, uji heteroskedastisitas,  dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan meliputi analisis regresi sederhana dan  analisis regresi berganda.  Berdasarkan hasil penelitian: (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan  terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi  Y=88,130+0,536X1, nilai koefisien regresi 0,536, thitung 2,363, koefisien determinasi (r2) sebesar  0,069. (2) Persepsi Tekanan Etis berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis  mahasiswa akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=94,976+3,220X2, nilai koefisien  regresi 3,220, thitung 3,722, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,156. (3) Muatan Etika dalam  Pengajaran Akuntansi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Etis mahasiswa  akuntansi, ditunjukkan dengan persamaan regresi Y=125,691+0,596X3, nilai koefisien regresi  0,596, thitung0,789, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,126.; (4) Kecerdasan Emosional, Persepsi  Tekanan Etis, dan Muatan Etika dalam Pengajaran Akuntansi berpengaruh positif signifikan  terhadap Persepsi Etis mahasiswa akuntansi, ditunjukan dengan persamaan regresi  Y=55,214+0,443X1+2,998X2+0,305X3, dengan signifikansi 0,001 dan Adjusted R2 sebesar  0,174.
date: 2017-01-31
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/46622/1/skripsifull.pdf
identifier:   Dwi, Novitasari  (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PERSEPSI TEKANAN ETIS, DAN MUATAN ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUNTANSI TERHADAPPERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI.  S1 thesis, Fakultas Ekonomi.