TY - THES M1 - skripsi AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PNEUMATIK PADA KOMPETENSI MERAKIT SISTEM KONTROL PNEUMATIK DI SMK NEGERI 2 DEPOK A1 - Dwi, Isnanto PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan menghasilkan media pembelajaran pneumatik yang tepat pada kompetensi merakit sistem kontrol pneumatik di SMK, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pneumatik pada kompetensi merakit sistem kontrol pneumatik pada kompetensi merakit sistem kontrol pneumatik di SMK Negeri 2 Depok berdasarkan ahli media, ahli materi dan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, and Disseminate ). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6 untuk tampilan antarmuka dan Sony Vegas Pro 13 untuk video pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran ini diuji oleh dua ahli media dan dua ahli materi. Uji coba penelitian media pembelajaran pneumatik ini melibatkan 22 siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Depok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) menghasilkan media pembelajaran pneumatik pada kompetensi merakit sistem kontrol pneumatik di SMK dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, and Disseminate ) dengan hasil berupa media pembelajaran dengan tampilan flash dan materi pokok berupa video pembelajaran interaktif, (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata skor 93,5 dari skor tertinggi 116 dengan kategori layak, penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapat rerata skor 111,5 dari skor tertinggi 132 dengan kategori layak, dan penilaian oleh pengguna mendapat rerata skor sebesar 129,7 dari skor tertinggi 160 dengan kategori layak sebagai media pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, merakit sistem kontrol pneumatik, video Y1 - 2017/01// ID - UNY46607 UR - http://eprints.uny.ac.id/46607/ ER -