TY - THES TI - Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Orientasi Pendekatan Problem Solving pada Mata Pelajaran Fisika di SMK A1 - Widodo, Eko KW - pembelajaran kooperatif KW - pendekatan problem solving Y1 - 2010/12/31/ PB - UNY M1 - tesis AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/46584/ N2 - Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen quasi yang bertujuan mendapatkan perangkat model pembelajaran kooperatif dengan orientasi pendekatan problem solving pada mata pelajaran fisika di SMK. Tempat penelitian SMK Negeri 2 (STM N 2) Wates yang terdiri dari jurusan mesin, listrik dan bangunan. Adapun subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas II SMK Negeri 2 Wates. Subyek dikelompokkan menjadi 3 kelompok yang masing-masing diberi nama kelas A, kelas B dan kelas C. Penelitian dilakukan dengan cara eksperimen quasi dengan subyek Kelas A dan Kelas B adapun Kelas C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dengan cara observasi langsung, pre tes dan post tes. Hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis varian (anava). Hasil penelitian ini telah berhasil memperoleh perangkat pembelajaran berupa lembar pengamatan keterampilan kooperatif siswa dan pengelolaan pembelajaran problem solving. Dengan perangkat tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan F hit 19,467 > F table 3,083. Berdasarkan analisis varian tersebut ada perbedaan yang signifikan penggunaan model pembejaran kooperatif yang berorientasi problem solving terhadap prestasi belajar siswa dan keefektifan kemampuan guru dalam mengajar dengan model pembelajaran kooperatif berorientasi problem solving pada mata pelajaran fisika di SMK. ID - UNY46584 ER -