%0 Report %9 Project Report %A FITRI ASTUTI, FITRI ASTUTI %D 2016 %F UNY:46572 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Pembelajaran %T LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jl. Babarsari Caturtunggal Depok Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/46572/ %X Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilaksan akan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di Universitas dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk melatih para calon guru agar kelak dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1 Depok meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksankan pada tanggal 22 Juli 2016. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa PPL memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Perancis kelas XII IPA 3, XII IPA 4, XII IPS 1, XII IPS 3 dan ditambah kelas X MIA 1 pada bulan ke-dua tahun pelajaran 2016/2017. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa PPL mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket menjaga ruang piket(Loby, ruang BK dan UKS ), administrasi di TU dan administrasi perpustakaan. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 36 kali pertemuan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Depok rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran. Siswa juga bisa berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, bisa berdiskusi dengan baik, dan lain sebagainya. Dalam rangka mewujudkan output yang baikdarisegi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal dan taklupa melibatkan wali murid untuk memantau siswa dalam belajar, melengkapi sarana dan prasaranadan tertib administrasi.