?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F46553%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+%2F+MAGANG+III%0D%0ADI+SMK+MUHAMMADIYAH+2+MOYUDAN%0D%0ATAHUN+AJARAN+2016%2F2017%0D%0ANgentak%2C+Sumberagung%2C+Moyudan%2C+Sleman%2C+DI+Yogyakarta+55563&rft.creator=CAHYO+URIP+WIDODO%2C+CAHYO+URIP+WIDODO&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah%0D%0Awajib+ditempuh+oleh+setiap+mahasiswa+di+semua+jurusan+pendidikan+di+Universitas%0D%0ANegeri+Yogyakarta.+Kegiatan+ini+bertujuan+untuk+membekali+mahasiswa+agar%0D%0Amemiliki+kemampuan+berupa+ketrampilan+dalam+bidang+pembelajaran+dan+manajerial%0D%0Asekolah+atau+lembaga%2C+dalam+rangka+melatih+dan+mengembangkan+kompetensi%0D%0Akeguruan+atau+kependidikan.+Kegiatan+PPL+terbagi+dalam+beberapa+tahapan+yaitu%0D%0Apersiapan+mengajar+dan+pelaksanaan+mengajar.+Tahap+persiapan+dimulai+dari%0D%0Aobservasi.+Selanjutnya+mahasiswa+menempuh+mata+kuliah+micro+teaching+di+kampus%0D%0Ayang+merupakan+mata+kuliah+untuk+melatih+mahasiswa+dalam+mengajar.+Sebelum%0D%0Amengajar%2C+mahasiswa+juga+harus+mempersiapkan+Rencana+Pelaksanaan+Pembelajaran%0D%0A(RPP)+dan+media+pembelajaran.+Pelaksanaan+kegiatan+PPL+dimulai+tanggal+15+juli%0D%0A2016+sampai+15+September+2016.+Dalam+praktik+mengajar%2C+mahasiswa+diberi%0D%0Akesempatan+untuk+mengajar+di+kelas+X+Akuntansi+1%2C+X+Akuntansi+2%2C+XI+Akuntansi%2C%0D%0AXI+Administrasi+Perkantoran+2+dan+XII+Administrasi+Perkantoran+1.+dengan+jumlah%0D%0Amengajar+sebanyak+29+kali+pertemuan%2C+tanpa+pengajaran+insidental.+Sehingga+selama%0D%0APPL+mahasiswa+telah+melakukan+pengajaran+sebanyak+29+kali+pertemuan.%0D%0AMelalui+program+PPL+ini+mahasiswa+dapat+memperoleh+banyak+manfaat%2C+antara+lain+%3A%0D%0A(1)+program+PPL+memberikan+kesempatan+dalam+melakukan+pemantapan%0D%0Akemampuan+professional+Guru%2C+(2)+mendemonstrasikan+kompetensi+dalam%0D%0Amerencanakan%2C+melaksanakan%2C+(3)+melakukan+perbaikan+pembelajaran+yang%0D%0Aberorientasi+pada+pengembangan+potensi+peserta+didik%2C+(4)+mendalami+karakteristik%0D%0Apeserta+didik+dalam+rangka+memotivasi+belajarnya%2C+(5)+mengidentifikasi%0D%0Apermasalahan+pembelajaran+di+kelas+dan+mengatasi+permasalahan+pembelajaran%0D%0Atersebut+secara+individu+maupun+kelompok%2C+(6)+menerapkan+pembelajaran+inovatif%2C%0D%0A(7)+wahana+melatih+bekerja+secara+tim.+Dari+pelaksanaan+kegiatan+PPL+dapat%0D%0Adisimpulkan%2C+bahwa+kegiatan+ini+dapat+memberikan+pengalaman+kepada+mahasiswa+dalam+pengembangan+kompetensi+di+bidang+pendidikan%2C+memberikan+kesempatan%0D%0Akepada+mahasiswa+untuk+belajar+dan+mengenal+segala+permasalahan+di+sekolah+yang%0D%0Aterkait+dengan+proses+pembelajaran%2C+memberikan+kesempatan+kepada+mahasiswa%0D%0Auntuk+menerapkan+ilmu%2C+pengetahuan%2C+dan+ketrampilan+yang+telah+dipelajari+dalam%0D%0Akehidupan+nyata+di+sekolah%2C+serta+dapat+meningkatkan+hubungan+kemitraan+yang+baik%0D%0Aantara+UNY+dengan+sekolah+yang+terkait&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F46553%2F1%2FCahyo%2520Urip%2520Widodo_13601241111.pdf&rft.identifier=++CAHYO+URIP+WIDODO%2C+CAHYO+URIP+WIDODO++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+%2F+MAGANG+III+DI+SMK+MUHAMMADIYAH+2+MOYUDAN+TAHUN+AJARAN+2016%2F2017+Ngentak%2C+Sumberagung%2C+Moyudan%2C+Sleman%2C+DI+Yogyakarta+55563.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++