TY - THES N2 - Kemampuan berpakaian merupakan salah satu keterampilan hidup yang harus dimiliki oleh setiap individu. Kegiatan berpakain diajarkan kepada individu sejak masa anak-anak. Kemampuan berpakaian pada anak tidak terlepas dari peran orangtua dalam memberikan pelatihan. Fokus penelitian ini antara lain bagaimana peran orangtua dalam melatih kemampuan anak dalam berpakaian, serta bagaimana pola asuh orangtua terhadapa anak pada saat di rumah. Sasaran penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus dengan spesifikasi down syndrome dan orangtua dari anak berkebutuhan khusus tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian merupakan anak down syndrome beserta orangtua. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peran orangtua memiliki kontribusi terhadap kemampuan berpakaian anak. Peran orangtua dengan pola asuh yang disesuaikan dengan karakteristik anak down syndrome sangat membantu dalam melatih kemampuan berpakaian anak. Y1 - 2016/08/25/ A1 - Nur, Hasanah PB - Universitas Negeri Yogyakarta AV - public TI - PERAN ORANGTUA DI RUMAH DALAM MELATIH KEMAMPUAN BERPAKAIAN ANAK DOWN SYNDROME M1 - skripsi ID - UNY46544 UR - http://eprints.uny.ac.id/46544/ ER -