relation: http://eprints.uny.ac.id/46447/ title: MODEL ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA creator: Ali Muhson, M. Pd. subject: LPPM description: Pendidikan merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Asesmen merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Di kalangan peneliti pendidikan dan para pendidik, asesmen kelas yang terbaik adalah asesmen autentik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program aplikasi asesmen autentik dan menguji kelayakannya. Research and Development (R & D) ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Penelitian ini melibatkan guru di provinsi DIY. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan model program aplikasi asesmen autentik yang diberi nama Astentik (Asesmen Autentik) beserta buku manualnya yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian autentik bagi guru Ekonomi di SMA. Aplikasi tersebut sudah diujicoba secara terbatas maupun luas. Program aplikasi tersebut dinilai sangat layak dilihat dari aspek kemenarikan, kepraktisan, kreativitas, kegunaan, dan tampilan. Walaupun demikian masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi tersebut seperti aplikasi tersebut belum berdiri sendiri, adanya keterbatasan jumlah peserta didik, dan keterbatasan dalam soal dan indikator dari aspek hasil belajar yang dinilai. date: 2016 type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/46447/1/Abstrak.pdf identifier: Ali Muhson, M. Pd. (2016) MODEL ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA. Artikel Penelitian Disertasi Doktor.